Rilis Terbaru

Greenfields Meresmikan Pabrik Pengolahan Susu Baru Seluas 7 Hektar di Palaan, Kabupaten Malang

Memperkokoh Kepemimpinannya di Industri Susu Segar Indonesia

Pabrik Greenfields Palaan Malang
Acara Pemukulan Gong Peresmian Pabrik Pengolahan Susu PT. Greenfields Indonesia di Palaang, Malang, Jawa Timur

Investasi sebesar Rp 335 miliar memberikan kapasitas produksi yang memadai untuk memproses susu segar dari 20.000 sapi perah serta mendukung Greenfields sebagai merek susu segar nomor satu di Indonesia

Malang, 4 Mei 2017 – PT. Greenfields Indonesia, anak perusahaan dari AustAsia Dairy Group, hari ini meresmikan pabrik pengolahan susu barunya di Desa Palaan, Ngajum, Malang, Jawa Timur. Acara peresmian dihadiri oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto; Presiden Komisaris Japfa Comfeed (perusahaan yang bersama-sama bernaung dalam Group Japfa) Syamsir Siregar; dan Managing Director of AustAsia Dairy Group, Edgar Collins.

Dengan dibangunnya pabrik pengolahan susu yang baru ini, Greenfields Indonesia akan menambah kapasitas produksinya sehingga memungkinkan untuk menyerap susu segar dari 20.000 sapi perah, lebih dari dua kali lipat dari produksi saat ini. Hal ini akan lebih memperkuat posisi Greenfields sebagai merek susu segar nomor satu di Indonesia.

“Sejak tahun 2000, Greenfields telah memproduksi susu segar dan produk olahan susu segar lainnya untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang di Indonesia. Pabrik baru di Palaan secara signifikan akan mampu meningkatkan kapasitas produksi kami, serta berkontribusi terhadap produksi susu segar nasional. Tidak hanya memproduksi susu segar, pabrik baru ini juga akan memproduksi beberapa jenis produk keju segar, whipping cream dan produk olahan susu segar inovatif lainya.

Greenfields juga adalah merek susu unggulan dan terkemuka yang go international. “Greenfields telah menjual produk susu segar keluar negeri sejak tahun 2000, kami terus berupaya mengembangkan ekspor untuk masuk ke lebih banyak pasar internasional. Saat ini kami telah memiliki pasar ekspor yang mapan di Hong Kong, Singapura, Malaysia, Brunei, Filipina, Myanmar dan Kamboja,” tegas Edgar Collins, Managing Director of AustAsia Dairy Group.

Untuk membangun pabrik baru pengolahan susu segar di Desa Palaan, AustAsia Group telah mengucurkan investasi sebesar Rp 335 miliar, dan jumlah ini akan meningkat lagi dengan tambahan mesin mutakhir untuk produk-produk olahan susu yang baru dan inovatif. Investasi tersebut empat kali lebih besar dari investasi untuk pabrik yang sudah ada di Babadan, Ngajum, Malang, Jawa Timur.

“Saya berharap Greenfields akan terus menjalankan komitmennya dan berkontribusi dalam menumbuhkan industri pengolahan susu di Indonesia dengan meningkatkan produksi produk susu segar dan produk olahan susu dari pabrik baru Greenfields. Saat ini pemerintah Indonesia tengah menggalakkan penggunaan konten lokal sehingga peningkatan produksi susu segar dalam negeri diharapkan dapat menekan angka impor susu. Pabrik yang baru ini juga dapat meningkatkan kemampuan ekspor susu segar dari Greenfields dan saya sangat bangga melihat Greenfields sebagai merek asli Indonesia telah dapat diterima oleh pasar Internasional,” ujar Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian Republik Indonesia.

Greenfields memiliki peternakan sapi perah dan pengolahan susu terintegrasi terbesar di Asia Tenggara, dengan lebih dari 8.600 ekor sapi Holstein yang pada awalnya 100% diimpor dari Australia. Setelah diperah, susu segera diolah ke pabrik pengolahan susu dengan kapasitas yang mampu memproses semua susu dari peternakan Greenfields. Seluruh rangkaian produk Greenfields terbuat dari 100% susu segar yang berasal dari peternakan milik Greenfields sendiri, menjadikan Greenfields sebagai satu-satunya produk susu dan produk olahan susu di Indonesia yang sama sekali tidak bergantung pada produk susu impor.

Dengan peternakan dan pabrik yang dioperasikan secara terintegrasi, Greenfields memiliki kontrol berkesinambungan pada kualitas susu; yang dimulai dari pemilihan sapi berkualitas tinggi, proses pemerahan susu otomatis tanpa tersentuh tangan manusia, proses pasteurisasi dan homogenisasi serta proses pengemasan yang otomatis. Fokus utama Greenfields adalah memproduksi susu cair segar dengan kualitas terbaik tanpa penambahan zat apapun untuk memastikan kandungan nutrisinya serupa dengan susu yang baru saja diperah. Kami memberikan perhatian hingga hal yang paling detil dari seluruh rangkaian proses yang dilakukan, sesuai dengan moto kami “passion in every drop”.

Pabrik pengolahan susu segar baru di Palaan adalah pabrik yang ramah lingkungan; menggunakan cangkang kelapa sawit dan cangkang kemiri sebagai bahan bakar boiler. Uap air yang dihasilkan oleh boiler digunakan untuk menjalankan mesin pengolahan susu. Energi dan air pun diperhitungkan  secara efisien. Pabrik ini diakui oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia sebagai pabrik yang menerapkan konservasi energi dalam berproduksi. Untuk memastikan pengolahan limbah yang aman, Greenfields menerapkan proses bioteknologi dalam sistem pengolahan air limbah. Air yang dihasilkan dari pengolahan limbah diolah dan dengan aman dapat didaur ulang serta digunakan dalam proses produksi.

“Di Greenfields, kami percaya bahwa masa depan yang kuat harus disertai dengan peningkatan kesejahteraan petani-petani kecil beserta keluarganya. Karena itu kami bangga untuk mengumumkan bahwa kami akan mendirikan Greenfields Institute of Dairy Farming yang berlokasi di peternakan sapi perah baru kami di Wlingi, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Melalui program pelatihan secara berkala, kami akan membantu meningkatkan keahlian peternak-peternak susu muda, yang akan secara positif berdampak pada produktivitas peternakan, pendapatan dan kualitas hidup mereka. Ini juga akan membantu Indonesia dalam memenuhi permintaan yang semakin meningkat akan produk susu, dengan menyediakan lebih banyak susu segar lokal,” ucap Edgar Collins.

Industri pengolahan susu segar di Indonesia diperkirakan akan berkembang seiring dengan meningkatnya kesadaraan masyarakat Indonesia akan pentingnya hidup sehat dengan asupan gizi seimbang dan terjangkau. Dengan pengalaman selama hampir 2 dekade, Greenfields berkomitmen terus berkontribusi terhadap pemasukan masyarakat Indonesia dan para stakeholder di industri produk olahan susu. Greenfields juga berkontribusi terhadap kesuksesan program pemerintah di industri susu melalui program kemitraan, pemberdayaan dan pelatihan peternak, serta pemberian beasiswa pelajar.

###

Tentang Greenfields
PT. Greenfields Indonesia memproduksi susu segar berkualitas tinggi, higienis, kaya nutrisi yang berasal dari sumber alami; yakni sejumlah lebih dari 8.600 ekor sapi Greenfields yang bermula dari 100% sapi Holstein yang diimpor dari Australia. Peternakan pertama kami berlokasi di dataran tinggi Kabupaten Malang, Jawa Timur, Indonesia. 

Dengan teknologi canggih, susu segar dari sapi perah jenis Holstein ini diolah dengan cara pasteurisasi dan Ultra High Temperature (UHT) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Fokus utama PT. Greenfields Indonesia adalah memproduksi susu cair segar dengan kualitas terbaik tanpa fortifikasi dan zat tambahan sehingga nutrisinya mendekati kandungan susu segar; dan selalu memberikan perhatian penuh hingga hal terkecil dari seluruh rangkaian proses yang dilakukan, passion in every drop. 

Dari kawasan sejuk 1.200 meter di atas permukaan laut bersuhu 15-22oC, peternakan Greenfields telah menghasilkan susu sejak tahun 1997, dan kini memproduksi sekitar 42 juta liter susu segar murni tiap tahunnya. Susu segar bernutrisi tinggi dari peternakan dan pabrik PT.  Greenfields Indonesia di dataran tinggi Kabupaten Malang ini tak hanya dinikmati masyarakat Indonesia, namun juga dipasarkan ke Hong Kong, Singapura, Malaysia, Brunei, Filipina, Myanmar dan Kamboja. Kunjungi www.greenfieldsmilk.com untuk informasi detail mengenai susu sehat dari sapi perah yang diternakkan di Indonesia.


Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
For more information, please contact:

Endang Wijayaningsih
AustAsia Dairy Group
Ph: 021 - 25617181   

Okti Syaira
FleishmanHillard Indonesia
Ph: 021-29820233

Foto-foto:
Edgar Collins, Managing Director of AustAsia Dairy Group
Foto Bersama Para Pembicara
Foto Bersama Menteri Perindustrian RI dan Direksi PT. Greenfields Indonesia
Menteri Perindustrian RI Mengunjungi Pabrik Pengolahan Susu Baru PT. Greenfields Indonesia
Menteri Perindustrian RI Menikmati Susu Segar Greenfields Bersama Managing Director of AustAsia Dairy Group